Manajemen merupakan sebuah proses terpadu dimana
individu-individu sebagai bagian dari organisasi yang dilibatkan untuk
merencanakan, mengorganisasikan, menjalankan dan mengendalikan
aktifitas-aktifitas, yang kesemuanya diarahkan pada sasaran yang telah
ditetapkan dan berlangsung terus menerus seiring dengan berjalannya waktu.
Hal-hal yang
perlu dilakukan seorang manajer proyek
1.
Manajer proyek
harus mendefinisikan proyek,agar menjadi serangkaian tugas(tasks) yang mudah dikelola,
memperoleh sumberdaya yang dibutuhkan, dan membentuk tim kerja untuk
melaksanakan tugas-tugas tersebut.
2.
Manajer proyek
harus menetapkan tujuan akhir dari proyek dan memotivasi anggota tim.
3.
Manajer proyek
harus menginformasikan kepada stakeholder tentang perkembangan pelaksanaan
proyek secara periodik.
kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang manajer proyek adalah:
1.
Kepemimpinan
2.
manajemen orang (konsumen, suplier, manajer
dan kolega)
3.
komunikasi
4.
Negosiasi
5.
Perencanaan
6.
manajemen kontrak
7.
pemecahan
masalah dan berpikir kreatif.
Hambatan-hambatan
yang mungkin terjadi
1. komunikasi yang
tidak baik (Poor communication)
2. persetujuan yang tidak jelas (Disagreement)
3. kesalahpahaman (Misunderstandings).
4. suasana yang tidak mendukung (Bad weather)
5. pemogokan kerja (Union strikes)
6. konflik pribadi (Personality conflicts)
7. manajemen yang tidak baik (Poor management)
8. definisi sasaran dan tujuan tidak jelas (Poorly defined
goals and objectives)
Proyek merupakan suatu tugas yang perlu dirumuskan
untuk mencapai sasaran yang dinyatakan secara kongkrit serta harus diselesaikan
dalam suatu periode tertentu dengan menggunakan tenaga manusia dan alat-alat
yang terbatas dan begitu kompleks sehingga dibutuhkan pengelolaan dan kerjasama.
Timbulnya suatu proyek antara lain
dilatar belakangi oleh:
1. Rencana pemerintah. misalnya proyek pembangunan jalan
2. Permintaan pasar. misalnya terjadi kenaikan permintaan suatu
produk dalam jumlah besar, maka perlu dibangun sarana produksi baru.
3. Dari dalam perusahaan yang bersangkutan. misalnya suatu
perusahaan akan memperbarui (modernisasi) perangkat, sistem kerja, atau sistem
informasi yang lama agar lebih mampu bersaing.
4. Dari kegiatan penelitian dan pengembangan. dari kegiatan
penelitian dan pengembangan diperkirakan dapat dihasilkan produk baru yang
banyak manfaat dan peminatnya, sehingga dibangun fasilitas produksinya.
Manajemen proyek merupakan suatu usaha merencanakan,
mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengawasi kegiatan dalam
proyek sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jadwal waktu dan anggaran yang
telah ditetapkan.
Manfaat
manajemen proyek
1. Mengidentifikasi fungsi tanggung jawab
2. Meminimalkan tuntutan pelaporan rutin
3. Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan
4. Mengidentifikasi metode analisa peramalan
5. Mengukur prestasi terhadap rencana
6. Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan
7. Meningkatkan kemampuan estimasi untuk rencana
8. Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampaui
Manajemen proyek sistem informasi
ditekankan pada tiga faktor, yaitu :
1. manusia,
2. masalah dan
3. proses.
Manajemen dalam organisasi terdiri
dari tiga tingkatan pembuat keputusan manajemen yaitu :
- manajemen
tingkat bawah (operasional)
- manajemen
tingkat menengah (perencanaan dan kontrol manaterial) dan
- manajemen
tingkat atas(strategi).
Dimana setiap level memiliki tanggung jawabnya sendiri sendiri
dan semuanya bekerja sama dalam mencapai tujuan dan sasaran.
Dasar-Dasar
Organisasional
Organisasi adalah sistem yang saling mempengaruhi dan
saling bekerja sama antara orang yang satu dengan orang yang lain dalam suatu
kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah disepakati bersama
beberapa elemen organisasi yaitu :
1. orang
2. tujuan
3. posisi
4. pekerjaan
5. teknologi
6. struktur
7. lingkungan luar
Contoh-contoh
proyek sistem informasi yaitu
1. Proyek sistem informasi untuk mendukung pelaksanaan pemilu
2. Proyek pembangunan infrastruktur E-Government di Jawa Tengah
3. Proyek pengembangan sistem CRM (Customer Relationship
Management) pada di PT Garuda.
4. Proyek pembangunan sistem E-business pada PT. Global Jaya.
5. Proyek penjualan elektronik (E-Commerce)
Proses perencanaan sistem dapat
dikelompokkan
dalam tiga proses utama, yaitu :
- Merencanakan
proyek-proyek sistem
- Mempersiapkan
proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan
- Mendefinisikan
proyek-proyek sistem yang dikembangkan
Tahap Implementasi merupakan tahap yang paling kritis
karena untuk pertama kalinya sistem informasi akan dipergunakan di dalam
perusahaan.
Tahap Design
1. Metode pembuatan software
2. Organisasi pembuatan
software
Tahap Testing
1. Perubahan regulasi system
2. Ketidaksesuaian
3. Tidak adanya Risk Management
Hard Rock Hotel & Casino Las Vegas, NV - Mapyro
BalasHapusFree on 대구광역 출장샵 Mapyro of Las Vegas. 문경 출장샵 Real 김해 출장샵 photos, reviews and directions to Hard Rock Hotel 김제 출장샵 & 공주 출장안마 Casino Las Vegas, NV.